Winnie The Pooh Bear Wants A Hug

Selasa, 27 Mei 2014

krupuk tayamum

                     krupuk tayamum ..
             produk dari Desa jati






CARA MEMBUATNYA

Tepung tapioka di letakkan di meja dengan ukuran 150 cm x 250cm              garam 4,5kg+ bawang 1 kg yang sudah di haluskan diaduk dengan tepung hingga rata.

SEBAGIAN tepung  yang sudah di campur dengan bumbu di cor dengan air mendidih kira-kira 3 timba dituangkan pada tepung dengan ketinggian 1 meter di atas tepung.

Yang ter jadi- tepung yang di cor berubah menjadi gumpalan semacam kanji mengental.

Dua bahan gumpalan KANJI dan TEPUNG inilah yang akan di buat glondong dengan cara gumpalan kanji sedikit demi sedikit di campur dengan tepung sambil di aduk hingga menjadi sebuah adonan yang keras yang bisa di bentuk gelondongan yang   bisa di iris-iris tipis, sedangkan besar kecilnya gelondong tergantung ukuran yang di perlukan.

Selanjutnya IRISAN gelondong di tata di atas tampah sampai terkumpul 15 atau 20 tampah di masukkan pada jedi dengan posisi di tumpuk meninggi kemudian tutuplang dengan kekep tunggu sampai matang jangan sampai ter lalu matang akibatnya leder dan menjadi krupuk kwalitas jelek.

Setelah matang lepaskan satu-per satu pindahkan ke widik dan di jemur hingga kering jadiah krecek yang siap untuk di jual seperti yang kita harapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar